Google Doodle Hari Ini 22 April 2022 Memperingati Hari Bumi dengan Isu Perubahan Iklim


Google Doodle hari ini 22 April 2022 memperingati Hari Bumi dengan mengangkat isu perubahan iklim dan apa dampaknya bagi Bumi. Google Doodle memperlihatkan bagaimana pengaruh perubahan iklim terhadap menyusutnya gletser di sejumlah tempat di berbagai wilayah melalui citr real time-lapse, sepert Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika;  Sermersooq, di Greenland; Great Barrier Reef di Lizard Island Australia; dan terakhir di Harz Forests, Elend, Jerman.

Apa itu perubahan iklim? Perubahan iklim merupakan perubahan pola dan intensitas unsur iklim termasuk kebiasaan cuaca dan persebaran kejadian cuaca dalam periode waktu yang sangat lama. Penyebab utama terjadinya perubahan iklim adalah pemanasan global yang diakibatkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer Bumi.

Dampak perubahan iklim akan dirasakan oleh seluruh makhluk hidup, baik manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, mencakup di lautan, daratan, dan di lapisan udara. Perubahan iklim membuat permukaan air laut menjadi semakin naik karena bertambahnya volume akibat mencairnya gletser atau es di kutub Bumi. Hal ini tentu membuat banyak wilayah rendah di permukaan Bumi akan tenggelam. Selain itu, jumlah bencana alam akan semakin meningkat, dan ekosistem semkin rusak. Hal ini bertambah buruk dengan adanya aktifitas manusia yang turut menyumbang kerusakan alam dan meningkatnya pemanasan global.

Perubahan iklim adalah keniscayaan yang terjadi dalam waktu yang lama tetapi aktifitas manusia telah membuat proses perubahan iklim menjadi semakin cepat terjadi melalui peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Berikut merupakan penyebab bertambahnya gas rumah kaca yang dipengaruhi oleh manusia:

  • Penebangan dan pembakaran hutan.
  • Penggunaan bahan bakar fosil.
  • Pencemaran laut.
  • Industri pertanian.

Berikut ini dampak dari adanya perubahan iklim:

  • Peningkatan suhu Bumi.
  • Perubahan curah hujan.
  • Kenaikan suhu dan tinggi muka laut
  • Pergeseran musim.