Cara Download Audio YouTube dalam Format MP3 Menggunakan youtube-dl

Pengenalan

youtube-dl adalah sebuah program berupa tool command-line atau berupa baris perintah program yang dijalankan melalui terminal atau command prompt untuk melakukan unduhan (download) video dan audio dari berbagai platform penyedia sumber video terutama YouTube. 

Sumber kode program youtube-dl tersedia di GitHub dan menjadi salah satu proyek yang paling banyak mendapatkan rating, yaitu sebanyak 126 ribu. Program ini dibuat oleh Ricardo Garcia pada tahun 2006.

Youtube-dl sempat dicekal oleh GitHub setelah mendapatkan permintaan dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA) karena dianggap telah melanggar Ayat 1201 ketentuan anti-circumvention DMCA dan ketentuan hukum hak cipta Jerman. 

Pencekalan tersebut akhirnya dicabut oleh GitHub setelah Electronic Frontier Foundation mengirimkan pernyataan langsung ke GitHub bahwa youtube-dl tidak dapat menembus sistem DRM yang komersial. Selain itu para pengguna youtube-dl juga mengkritisi pencekalan dengan alasan bahwa penggunaan youtube-dl diperbolehkan dan dapat diterima menurut hukum, seperti mengunduh video yang dirilis dengan lisensi terbuka atau untuk penggunaan karya turuna yang termasuk dalam penggunaan secara wajar (pengarsipan dan pelaporan berita).

yt-dl

Setelah youtube-dl tidak aktif lagi mengeluarkan versi terbaru setelah versi terakhirnya youtube-dl 2021.12.17 yang dikeluarkan pada 17 Desember 2021, alternatif bisa menggunakan yt-dlp. 

Download yt-dlp

Untuk mendapatkannya, buka ke https://github.com/yt-dlp/yt-dlp. Klik pada bagian rilis yang ada pada bilah bagian kanan. Lalu anda bisa memilih sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.

Pengguna Windows bisa mengunduh yt-dlp dengan mengklik yt-dlp.exe. 

Penggunaan

Setelah anda berhasil mengunduh, langkah berikutnya buka command prompt dalam folder tempat di mana terdapat file yt-dlp.exe, kemudian tulis perintah berikut:
yt-dlp -x --audio-format mp3 https://url_youtube

Ganti https://url_youtube dengan url youtube yang anda inginkan.

Agar lebih praktis bisa menggunakan perintah dari lokasi mana pun, anda bisa memasukkan lokasi path yt-dlp ke dalam environment variable (lihat caranya di sini). Sebelumnya tempatkan file yt-dlp.exe ke dalam folder khusus, lalu panggil folder tersebut di dalam environment variable.