Peringatan Hari Museum Nasional 12 Oktober


Museum adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan benda-benda langka, artefak geologi, atau karya seni milik pribadi, keluarga, maupun institusi karya. Keberadaan museum bersifat umum untuk kebutuhan khalayak publik, seperti wisata sejarah atau studi.

Hari Museum Nasional Indonesia diperingati setiap tanggal 12 Oktober sejak tahun 2015 berdasarkan ketetapan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) di Kota Malang, Jawa Timur pada 26-28 Mei 2015 yang dihadiri 250 pengelola museum seluruh Indonesia. 

Namun, penetapan Hari Museum Nasional berawal dari acara MMI pertama yang diselenggarakan pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta. Acara tersebut dihadiri 40 orang yang terdiri dari tokoh museum, pemerhati, dan pecinta museum termasuk Bapak Permuseuman Indonesia, Drs. Moh. Amir. 

Pada acara MMI pertama tahun 1962 menghasilkan 10 resolusi penting, yaitu:

  1. Resolusi tentang perlunya undang-undang tentang permuseuman. 
  2. Resolusi pembentukan Badan Musyawarah Museum Indonesia. 
  3. Resolusi pembentukan National Committee of ICOM. 
  4. Resolusi mengenai desakan agar terutama Pemerintah meningkatkan pemberian bantuan kepada museum-museum yang telah ada. 
  5. Resolusi penambahan jumlah museum. 
  6. Resolusi agar diadakan Musyawarah Museum Seluruh Indonesia II pada tahun 1965 di Jakarta. 
  7. Resolusi tentang pembinaan dan pendidikan macam-macam tenaga museum, melalui kursus-kursus aplikasi, upgrading-courses dan menyokong pikiran pendirian suatu akademi dinas di bidang museologi. 
  8. Resolusi agar museologi masuk ke dalam kurikulum universitas. 
  9. Resolusi agar museum secara aktif berfungsi untuk kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan agama. 
  10. Resolusi agar museum dijadikan alat penggalang persahabatan bangsa-bangsa serta membantu perkembangan kebudayaan dunia.

Indonesia saat ini memiliki museum berjumlah 439 yang tersebar di berbagai wilayah dengan koleksi mencapai 140 ribu benda.

Museum pertama di Indonesia adalah Museum Radya Pustaka di Surakarta, Jawa Tengah. Museum terlengkap dan terbesar adalah Museum Gajah atau disebut juga Museum Nasional Indonesia.

Museum Nasional Indonesia menyimpan 160 ribu-an benda bersejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi Prasejarah, Arkeologi masa klasik (Hindu-Budha), Geografi, dan Sejarah.

Sementara museum khusus yang menyajikan koleksi seni rupa modern Indonesia adalah Museum Wayang, Museum Persada Soekarno, Museum Tekstil, dan Galeri Nasional Indonesia.

Peringatan Hari Museum Nasional Indonesia adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap peranan museum sehingga membuat masyarakat tertarik untuk mengunjungi museum.