Ingin menjadi seorang pengusaha atau interpreneur?

Cafeteria.id - Untuk menjadi seorang pengusaha harus memiliki tekad yang kuat. Bukan sekedar karena palarian dari lelah menjadi pekerja kemudian ikut-ikutan membuka usaha. Yakinkan diri terlebih dahulu, jangan sampai satu sampai dengan 2 tahun memilih untuk menutup usahanya karena tidak juga mendapatkan keuntungan atau balik modal. 



Ingatlah bawah modal yang paling utama menjadi seorang pengusaha adalah semangat dan tekad yang kuat. Siapkan strategi agar usaha terus berjalan, kemudian berkembang hingga sukses sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dasar menjadi seorang pengusaha

1. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi pengusaha atau enterpreneur
Untuk kamu yang sudah tidak muda lagi, jangan khawatir. Membangun usaha itu tidak mengenal batasan usia seperti lowongan pekerjaan. Banyak kisah sukses pengusaha yang memulai usahanya ketika sudah tak muda lagi. Tentunya sudah belajar menjadi seorang pekerja, kemudian mereka tahu bagimana dan seperti apa dunia bisnis. Contohnya pemikil KFC yang memulai usaha atau bisnisnya pada usia 62 tahun.

2. Berani tampil dan menjual diri
Untuk menjadi seorang pengusaha, tentunya kita harus memiliki rasa percaya diri. Bagaimana kita akan menjual produk kita, kalau kita saja tidak percaya diri dan tidak percaya pada apa yang akan kita tawarkan kepada orang lain. Dan tidak perlu merasa malu untuk menjulan produk kita melalui media apapun. 

3. Tidak ada kata instan dalam menjalani usaha atau bisnis
Memulai semuanya dari awal memang tidaklah mudah. Banyak proses yang harus dihadapi untuk menjadi seorang pengusaha. Mulai menghadapi diri sendiri, kondisi pasar, urusan karyawan, dan kita harus siap mengambil keputusan yang ber-resiko. Dari resiko yang kecil hingga yang besar. Tapi perjalanan inilah yang membuat kita semakin tangguh nantinya dan siap menjalani bisnis yang semakin berkembang dan tantangan yang lebih besar juga


4. Belajar dari kisa pengusaha lain.
Tidak hanya melalui membaca kisah sukses pengusaha lain, tapi kita juga perlu bertemu dan mendengarkan langsung dari pengusaha-pengusaha yang ada di sekitar kita. Bagaimana mereka melakukan perjalanan merintis bisnis hingga besar, tantangan apa saja yang mereka hadapi dan kegagalan apa saja yang pernah mereka dapatkan. Dari pengalaman-pengalaman orang lain itulah kita bisa mendapatkan pengetahuan dan pembelajaran yang bisa kita ambil sebagai bekal menjalani usaha kita. Tentunya menjadi seorang pengusaha seperti apa yang kita impikan

5. Memiliki bisnis plan
Untuk memulai sesuatu pastinya kita harus merencanakannnya dengan baik. Perencanaan yang baik adalah awal dari kesuksesan. Pastikan kita mengenali produk yang akan kita jual. Pahami kondisi pasar/market sehingga strateginya bisa tepat sasaran.

6. Lakukan dengan cinta
cintailah apa yang kita kerjakan. Bisnis akan terus berjalan dan kita akan merasa enjoy menjalaninya jika kita melakukan dengan cinta dan sepenuh hati. 
Jatuh dan bangun dalam berbisnis itu hal yang biasa. Jadi tetap semangat dan kuatkan tekad.

Semoga bermanfaat