HAPzCHQZiEK4l9hTPastXXr1Bnho6RcJrjSfPSfs
Cara Atasi File Too Large Saat Memindahkan File ke Flashdisk di Windows 10

Iklan 728x90

Cara Atasi File Too Large Saat Memindahkan File ke Flashdisk di Windows 10

Jika anda menemukan jendela peringatan yang bertuliskan "File Too Large" dan dengan keterangan informasi "The file ... is too large for the destination file system" saat memindahkan berkas (file) yang berukuran lebih dari 4 GB ke dalam flashdisk, anda pasti akan heran padahal flashdisk anda lebih dari cukup untuk menyimpan berkas tersebut. Mengapa bisa demikian?

Bisa jadi flashdisk yang anda gunakan menggunakan file sistem berformat FAT32. Format ini memang paling umum digunakan karena Windows menggunakannya sebagai pilihan default saat melakukan format pada flashdisk. Bukan tanpa alasan, format FAT32 memang cocok untuk penggunaan flashdisk, tapi dengan catatan tidak bisa menyimpan satu berkas dengan ukuran lebih dari 4 GB meskipun kemampuan flashdisk anda untuk menyimpan data lebih dari 4 GB.

Selain FAT32, kita mengenal format NTFS. Penggunaan NTFS tidak kompatibel dengan OS selain Windows, hanya bisa dibaca saja (read-only). NTFS lebih cocok untuk drive internal dibandingkan digunakan untuk flashdisk. Kelebihannya, kamu bisa menggunakannya di flashdisk sebagai drive sekunder untuk menyimpan program-program yang bisa dijalankan di Windows karena kaya dengan fitur yang mendukungnya, seperti sekuriti, enkripsi file/folder, dan fault tolerance.

Lalu yang terakhir, format exFAT. Nah, ini solusinya. Pakailah format exFAT karena format ini memang dirancang untuk penggunaan flashdisk sebagai media penyimpanan eksternal. Format ini adalah format terbaru yang dikeluarkan Microsoft pada 2006 silam untuk mengatasi limit pada FAT32.

Jadi, solusinya pakailah format exFAT sebagai pembaharuan dari FAT32 jika anda menggunakan flashdisk untuk lintas OS dengan maksimal penyimpanan berkas hingga 128 PiB (pebibyte) atau setara dengan 1.024 TiB atau 4 kali kemampuan NTFS untuk menyimpan berkas.

semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Fatoni
Tak ada kata final dalam pencarian nilai.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment