Mengenal npm dan Node.js dan Cara Menginstalnya

Sekilas tentang npm dan Node.js



JavaScript kini menjadi bahasa pemrograman yang cukup populer setelah munculnya React dan Angular yang menggunakan JavaScript. Apalagi setelah mendapatkan dukungan dengan adanya tool-tool yang semakin memudahkan pengembang JavaScript untuk bekerja secara multiplatform.  Kali ini kita akan mencoba untuk belajar sedikit mengenal apa itu npm dan Node.js, serta bagaimana menginstalnya di lingkungan OS Windows.

Apa itu npm?

npm adalah manajer paket untuk bahasa pemrograman JavaScript termasuk juga untuk lingkungan runtime JavaScript Node.js sehingga saat kita menginstal Node.js maka npm juga akan turut terinstal otomatis di komputer kita. Begitupun jika kita ingin mendapatkan npm, maka untuk mendapatkannya kita harus mendownload node.js dan menginstalnya. npm diciptakan pertama kali oleh Isaac Z. Schlueter yang ditulis dalam bahasa JavaScript terinspirasi oleh PEAR (PHP) dan CPAN (Perl). Ada lebih dari 477.000 paket tersedia di registri npm. Paket-paket tersebut tidak ada proses penyaringan sehingga bisa jadi paket yang tersedia berkualitas rendah, tidak aman, atau berbahaya. 

Apa itu Node.js?

Node.js adalah lingkungan run-time JavaScript lintas platform yang mengeksekusi JavaScript di luar browser. Node.js yang diciptakan oleh Ryan Dahl ini memungkinkan pengembang menggunakan JavaScript untuk menulis alat baris perintah untuk skrip server-side. Banyak perusahaan yang telah menggunakan Node.js, sebut saja Microsoft, Walmart, Paypal, Netflix, GoDaddy, IBM, Linkedln, dan lain-lain.


Cara Menginstal 

Dapatkan file installer




Pertama-tama kita harus mendapatkan file installer Node.js untuk Windows di situs officialnya https://nodejs.org/en/. Di sana terdapat pilihan apakah kita ingin menggunakan versi LTS (yang direkomendasikan untuk kebanyakan pengguna karena lebih stabil) atau menggunakan versi terbaru saat ini. Kita pilih saja versi LTS. 

Setelah berhasil di download file installer sebesar 15.8 MB, langsung saja kita eksekusi sehingga akan muncul jendela seperti pada gambar di bawah ini.

Memulai setup wizard





Langsung saja kita Next,

Persetujuan Lisensi




Klik untuk menceklis "I accept the terms in the License Agrement" sebagai tanda kita menyetujui Lisensi

Tujuan folder penginstalan




Secara default Node.js akan terinstal di Program Files, klik Next jika kita tidak ingin mengubahnya.

Custom Setup




Klik Next jika tidak ada yang ingin kita ubah fitur-fitur yang akan diinstal oleh Node.js

Memulai instalasi




Klik "Install" untuk memulai

Proses instalasi




Tunggu proses hingga selesai

Selesai





Tutup jendela dengan klik "Finish"

Cek Node.js dan npm




Buka command prompt, ketik node -v dan npm -v untuk mengecek apakah Node.js dan npm telah berhasil di instal sekaligus untuk melihat versi-nya.


Akhirnya NodeJs dan npm sudah berhasil kita instal :)

Cara Mengupdate Node.Js

Setelah berhasil menginstal Node.js di komputer kita dan suatu ketika ada pembaharuan terbaru untuk Node.js, bagaimana cara mengupdatenya?

Mudah saja, jika kita pengguna Windows, caranya buka Windows PowerShell dalam mode Administrator (Run As Administrator). Kemudian jalankan perintah berikut:

Set-ExecutionPolicy Unrestricted -Scope CurrentUser -Force
npm install -g npm-windows-upgrade
npm-windows-upgrade


Akhiri setiap baris perintah dengan enter