Cara Konversi Video Dalam Format TS ke Format MP4


Video dengan ekstensi TS (.ts) atau Transport Stream adalah format video standard yang digunakan untuk menyimpan data video terkompresi MPEG-2 atau video definisi tinggi pada disk Blu-ray.

Biasanya permasalahan pada video dengan ekstensi .TS saat diputar oleh aplikasi video player di komputer adalah durasi video yang terlihat tidak menunjukkan durasi seharunya. Durasinya akan terliht lebih pendek dari durasi semestinya.

Misal, ukuran besar video 700-an MB tetapi durasi waktu yang ditampilkan hanya kurang dari 10 menit. Padahal seharusnya video tersebut memiliki durasi waktu satu jam lebih. Lalu bagaimana cara kita mengatasinya?

Salah satu solusinya adalah konversi ke format video mp4 menggunakan FFmpeg.

Perintahnya sebagai berikut di Command Prompt atau Terminal (buka command prompt di lokasi folder yang berisi video yang ingin dikonversi) :

ffmpeg -i fileSourceName.ts -map 0 -c copy fileOutputName.mp4

Ganti fileSourceName.ts dengan nama video TS yang ingin kalian ubah formatnya ke dalam video berformat mp4. Tulis nama video hasil formatnya dengan mengganti fileOutputName.mp4 sesuai dengan yang kalian inginkan.

Misal kalian ingin mengubah video dengan nama file video mengubah-peradaban.ts menjadi mengubah-peradaban.mp4, jadi perintahnya:

ffmpeg -i mengubah-peradaban.ts -map 0 -c copy mengubah-peradaban.mp4

Jik nama file terdapat spasi, contoh: mengubah peradaban.ts maka penulisannya harus dalam tanda petik dua.

ffmpeg -i "mengubah peradaban.ts" -map 0 -c copy "mengubah peradaban.mp4"

Unduh

Perintah ffmpeg kemungkinan tidak akan berjalan di komputer kalian karena belum memiliki file aplikasi program ffmpeg (tersedia untuk Windows, Linux, dan MacOS). Untuk memilikinya kita hanya perlu mengunduhnya. Silahkan pergi ke alamat berikut: https://ffmpeg.org/download.html. Lalu pilih berdasarkan sistem operasi yang kalian gunakan untuk mendapatkan file executable-nya. Karena saya pengguna Windows maka saya hanya mencontohkan bagaimana mengunduhnya dalam sistem operasi Windows.

  • Klik pada bagian logo Windows, lalu pilih "Windows builds from gyan.dev".
  • Silahkan gulir ke bawah, kalian akan menemukan bagian git master builds versi esensial dan versi penuh. Saya sendiri lebih memilih mengunduh versi penuhnya, yaitu ffmpeg-git-full.7z dengan ukuran file .zip lebih besar dari ukuran file versi esensialnya. Versi yang saya unduh adalah versi 2022-04-25-git-f2724d2b69.
  • Setelah berhasil diunduh, ekstrak, lalu tujulah folder bin.
  • Salin isi dalam folder bin yang berisi 3 buah file, yaitu ffmpeg.exe, ffplay.exe, dan ffprobe.exe
  • Paste kan ke dalam folder yang kalian inginkan. Untuk bisa dipanggil dalam perintah Command Prompt.

Agar bisa dipanggil, tambahkan ke dalam Environment Variables. Caranya bisa kalian ikuti tutorial pada postingan sebelumnya yang berjudul "Cara Menambahkan PATH ke dalam Environment Variables di Windows"