Tips Menjadi Pengusaha Sukses Yang Wajib Diketahui

Jenuh berangkat pagi pulang malam setiap hari senin sampai dengan jum'at? banyak para karyawan yang akhirnya memutuskan untuk membuka usaha sendiri karena ingin leluasa mengatur waktu dan pengembangan dirinya. Akan tetapi tidak sedikit pula yang akhirnya berhenti di tengah jalan, karena sebenarnya menjadi pengusaha atau membuka bisnis sendiri itu harus tahan banting. Kena ombak sedikit jangan langsung lari ke daratan.

Selain modal uang, tentunya banyak sekali yang harus diperhatikan ketika ingin membuka usaha sendiri. Mental, pengetahuan dan fasilitas seperti teknologi juga harus diperhatikan, dan tidak kalah pentingnya adalah networking.

Berikut ini merupakan tips untuk menjadi seorang pengusaha 

1. Menjadi pengusaha itu kerja keras dan tekun
Sepertinya mudah, kerja keras dan tekun. Akan tetapi ketika dijalani tekun dan konsisten itu adalah benar-benar pondasi yang harus menjadi kuat seblum membangun usaha. Karena membangun usaha itu perlu kerja keras dan konsisten sehingga tidak mudah menyerah ketika menghadapi tantangan dalam menjalankan usaha. Tantangan sepi pembeli, tantangan dari kompetitor yang menjatuhkan, tantangan dari problem karyawan dan masih banyak lagi, bahkan tantangan dari diri sendiri untuk mengambil keputusan.

2. Berani mengambil resiko
Seperti yang disampaikan di point pertama,menjadi pengusaha itu harus berani mengambil keputusan dengan berbagai resiko yang ada dan mempertimbangkannya dengan matang. Tidak hanya resiko besar yang diperhatikan, tetapi juga resiko kecil-kecil lainnya yang akan didapatkan ketika mengambil keputusan tersebut. Harus bisa melihat sesuatu lebih luas.

3. Menjadi Pengusaha itu harus percaya diri
Orang bilang don't judge the book from the cover, tapi kesan pertama ketemu dengan seorang pengusaha adalah gesture tubuh ketika saat berkenalan pertama kali. Apakah dia terlihat percaya diri dan meyakinkan untuk diajak  bekerja sama. Kemampuan ini juga meningkatkan intuisi yang bergantung pada kebijakan dalam mengambil keputusan.

Dengan percaya diri, kita akan bisa sedikit menghilangkan rasa takut atau tidak pasti yang sering dihadapi oleh para pengusaha ketika awal membangun usaha. Kita harus yakin dengan kemampuan kita, pengalaman  dan ilmu yang kita miliki. Jika belum banyak ilmu yang kita miliki, mulailah rajin belajar.

4. Menjadi pengusaha memerlukan rekan atau partner
Tidak ada yang namanya bisnis itu berjalan sendiri. Apalgi jika ingin bisnisnya berkembang. Kita butuh rekan bisnis yang bisa diajak untuk berdiskusi dan berkolaborasi. Kita juga butuh tim yang hebat untuk menjalankan bisnis kita. Tim yang solid bisa membantu dan mendukung dalam mencapai tujuan dari usaha kita. Apalagi kalau partner kerjanya sama visi dan passionnya.

5. Agile dan cepat bertindak
Menjadi pengusaha itu harus flexible dan cepat bertindak. Apalagi dalam melihat peluang dan memutuskan hal yang sifatnya urgent karena bisa berpengaruh ke tim nya dan lainnya. Tapi tetap bisa mengkondisikan dengan baik. Eksekusi yang kurang inilah yang terkadang membuat binis tidak berkembang dengna pesat.

6. Tidak berhenti belajar
Salah satu hal yang sangat diperlukan untuk menjadi pengusaha adalah tidak berhenti belajar. Untuk mengikuti perkembangan pasar dan jaman serta mencari peluang, sebagai pengusaha harus terus belajar. 

Semoga bermanfaat ya..