Peringatan Hari Radang Sendi (Arthritis) se-Dunia


Hari Radang Sendi (Arthritis) Dunia diperingati setiap tanggal 12 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini pertama kali diperingati oleh Arthritis Rheumatism Internasional (ARI) pada 12 Oktober 1996.

Sering dikaitkan dengan dengan usia menua dan tidak bisa dicegah tetapi hal tersebut hanyalah mitos. Terdapat 100 jenis radang sendi di antaranya Osteoarthritis (OA), Arthritis Gout (pirai), Arthritis Rheumatoid (AR), dan fibromialgia.

Tujuan peringatan ini untuk mengingatkan kita semua bahwa terdapat jutaan orang di dunia menderita peradangan sendi sehingga membuat kita menaruh rasa peduli dan perhatian pada mereka serta membuat kita selalu ingat agar waspada dan melakukan pencegahan terhadap penyakit peradangan sendi. 

Menurut dr Bagus Putu Putra Suryana seorang Ahli Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Malang, seperti dikutip Antara, cara melakukan pencegahan radang sendi dengan gaya hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan. 

"Pencegahan yang paling mudah, yakni dengan gaya hidup sehat, mengontrol berat badan, olahraga ringan yang dilakukan secara terus menerus, dan mencegah kegiatan yang banyak menggunakan kinerja sendi serta rutin melakukan pemeriksaan," katanya.

Sayangnya orang Indonesia terlalu menyepelekan penyakit radang sendi. Jangankan melakukan pencegahan, saat terkena radang sendi pun, banyak orang yang tidak terlalu serius untuk melakukan pengobatan. Kesadaran orang Indonesia terhadap penanganan penyakit radang sendi memang terbilang rendah. Penyakit radang sendi belum menjadi perhatian bagi masyarakat Indonesia.

Padahal penyakit ini sudah menimpa jutaan orang di seluruh dunia dan membuat kehidupan mereka berubah. Penyakit ini sudah ada sejak 4.500 tahun S.M dan menjadi salah satu penyakit yang menyengsarakan masyarakat prasejarah.

Peringatan Hari Radang Sendi ini juga diharapkan dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah di seluruh dunia terhadap penderita radang sendi.