Film Nussa Tayang Perdana Hari Ini di Bioskop Seluruh Indonesia


Hari ini (14/10) akhirnya Film Animasi Nussa tayang di seluruh bioskop Indonesia. Nussa adalah film animasi drama keluarga Indonesia karya dari Bony Wirasmono yang diproduksi oleh The Little Giantz dan Visinema Pictures. Pernah ditayangkan perdana di Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) di Korea Selatan pada Juli 2021.

Setelah berkali-kali ditunda tayang karena pandemi akhirnya film Nussa dapat dirilis pada pembukaan bioskop tahap awal, yang sayangnya belum dapat dinikmati oleh anak-anak di bawah usia 12 tahun karena terhambat regulasi bioskop yang belum memperbolehkan anak-anak dengan usia tersebut masuk ke dalam bioskop.

Padahal sebagai film animasi anak-anak, rasanya akan kurang menguntungkan tanpa kehadiran penonton anak-anak sebagai target pasar utamanya. Namun ternyata, film ini berhasil minat penonton remaja dan dewasa. Hal ini dibuktikan dengan animo yang luar biasa saat penayangan perdana spesial yang digelar pada 25-26 September 2021 lalu di beberapa kota.

Ulasan film ini pun sangat positif, jauh dari stigma yang diedarkan oleh pihak yang kontra terhadap film ini dengan labeling radikal, film propaganda HTI, "Taliban", "Khilafah", dan lain sebagainya hanya karena tokoh ceritanya mengenakan busana yang konon katanya bukan pakaian asli anak-anak muslim Nusantara yang lekat dengan kain sarung, melainkan ciri khas pakaian "Taliban", juga karena ada ustadz yang dianggap radikal pernah mendukung dan mempromosikan film ini saat menjadi serial film animasi yang diputar di kanal YouTube. 

Namun, semua labeling itu sama sekali tidak berdasar ketika menonton film ini yang pernah masuk nominasi Piala Citra sebagai Film Animasi Panjang Terbaik Festival Film Indonesia 2021. Film animasi yang sangat menarik dan menyentuh, serta memiliki pesan-pesan moril yang bagus. Apakah  kalian tertarik untuk menonton? Pesan segera tiketnya di bioskop terdekat dan dapatkan kesan pertama kalian saat menonton film ini.