HAPzCHQZiEK4l9hTPastXXr1Bnho6RcJrjSfPSfs
Nussa: Jum'at Hari Raya, Episode Terbaru Nussa

Iklan 728x90

Nussa: Jum'at Hari Raya, Episode Terbaru Nussa

Bismiilahirrahmanirrahmin بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Serial film animasi pendek Nussa kembali merilis video musikalnya (MV) berjudul Jum'at Hari Raya yang mulai ditayangkan pada 10 Januari 2019 kemarin di channel YouTube-nya Nussa Official.

instagram.com/nussaofficial

Di awali saat Nussa terbangun dari tidurnya di kala pagi di hari Jum'at dengan senyum ceria, kemudian melompat dari tempat tidurnya dengan penuh semangat. Nussa kemudian merobek kalender harian di dinding yang masih tertera Kamis tanggal 4 sehingga berganti menjadi Jumat tanggal 5. Selepas itu, Nussa dan Rara memulai aktifitas pagi Jum'atnya dengan mandi, menggosok gigi, memakai baju terbaiknya, memotong kuku, dan memakai minyak wangi. Sebelum akhirnya, mereka berdua bermain ke luar dengan sepeda bersama dengan kucing mereka yang bernama Anta.



Berikut lirik lagunya:

Awali lah jum'at mu
Dengan semangat baru
Hari jum'at, hari raya
Semua bergembira

Mandi pagi... mandi pagi...
Sikat bersih... sikat bersih...
Pakai baju bagusmu
Mandi pagi... mandi pagi...
Potong kuku... potong kuku...
Semprot minyak wangimu

Ingatkan mama papa...
Panjatkan doa-doa...
Karena ada waktu mustajab...
Dikala sore sehabis ashar
Ingatkan kakak adik...
Al-Kahfi selalu dibaca...
akan ada cahaya bersinar...
Di antara jum'at ke jum'at

Seperti biasa Nussa menyuguhkan kesederhanaan pada lirik lagu dan tidak hanya nice untuk didengar, namun ada pesan kuat yang ingin disampaikan kepada para penontonnya yang masih anak-anak dan tak terlepas untuk kita juga sebagai orang dewasa yang masih awam dan ingin belajar Islam, yaitu bagaimana kita mengawali hari Jum'at hingga sore hari menjelang.

Poin penting sederhana yang bisa kita lakukan di hari Jum'at adalah berhias diri, antara lain: memakai pakaian yang baik, memakaian wewangian, dan memotong kuku; dan amalan yaitu membaca surat Al-Kahfi. Memang tidak terlalu detail, mengingat bahwa MV Nussa ini adalah untuk khalayak anak-anak dan perlu penjabaran khusus lagi atau ulasan dalam video berikutnya untuk menjelaskan kepada orang dewasa tentang sunnah-sunnah apa saja yang dilakukan di hari Jum'at untuk pria dan wanita.

Jum'at, seperti yang dikatakan Ustadz Felix Siauw dalam kolom komentarnya yang diberi pin, bahwa hari itu adalah hari yang memiliki keutamaan dan kebaikan yang banyak di dalamnya. Hari yang sangat khusus sehingga Allah masukkan namanya, Al-Jumu'ah sebagai nama Surat ke-62 dalam Al-Qur'an yang berjumlah 11 ayat.

Jum'at atau Al-Jumu'ah اَلْجُمُعَةْ adalah hari ke-enam, nama-nama hari lainnya dalam Hijriah sebagai berikut:

1. Ahad  َلْاَحَدْ  (Minggu)
2. Al-Itsnain اَلْإِثْنَيْن (Senin)
3. Ats-tsulatsa' اَلثُّلاَثَاء (Selasa)
4. Al-Arbaa' اَلْاَرْبَعَاءُ (Rabu)
5. Al-Khamiis اَلْخَمِيسُ (Kamis)
6. Al-Jumu'ah اَلْجُمُعَةْ (Jum'at)
7. As-Sabt السَّبْت (Sabtu)

Alhamdulillah, episode terbaru MV Nussa berdurasi 2 menit ini sudah ditonton sebanyak 933.649 kali (pada saat tulisan ini diposting) yang menghantarkannya pada kolom trending YouTube ke-6 dan kemungkinan akan terus bertambah. 

Mari kita tonton dan ramaikan agar Nussa bisa tetap bertahan dan menjadi tontonan yang memberikan tuntunan pada generasi muda Islam. Selamatkan anak-anak kita dari bahaya input yang salah, salah satunya ketika lagu yang mereka dengar bahkan nyanyikan adalah lagu-lagu yang tidak pantas sesuai dengan usia mereka sebab lagu anak-anak saat ini di televisi sudah sangat jauh berkurang bahkan bisa dikatakan sudah hilang, lenyap ditelan raksasaa industri musik yang selera pasarnya memuja syahwat yang selalu bertemakan cinta atau lagu-lagu orang dewasa yang sama sekali tidak cocok untuk diperdengarkan pada anak-anak, dan sayangnya lagu yang tidak bersahabat dengan anak-anak ini sering wara-wiri di televisi, di tengah-tengah publik, yang mau tidak mau membuat anak-anak menjadi terkontaminasi.

Di sinilah peran orang tua sangat berpengaruh besar bagaimana menanamkan nilai-nilai fundamental pada anak-anak, mengarahkan mereka pada lagu yang bersahabat dengan mereka, dan berikan pemahaman pada mereka terhadap lagu yang tidak harus mereka dengar dan ikuti. 

Semoga bermanfaat
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates