Sergey Brin

Sergey Brin (sumber: cnet)


Siapa yang tidak mengenal tokoh ini? Dia adalah salah satu pendiri search engine nomor satu di dunia, yaitu Google. Nama lengkapnya, Sergey Mikhailovich Brin atau lebih dikenal dengan nama Sergey Brin. Lahir di Moscow, Uni Soviet (sekarang Rusia), 21 Agustus 1973, di tengah keluarga Yahudi. Ayahnya bernama Mikhail Brin dan ibunya Evgenia Brin, keduanya adalah ahli matematika lulusan Moscow State University. 

Tahun 1979, keluarganya pindah ke Amerika Serikat, saat Brin berusia 6 tahun. Brin kemudian didaftarkan di Sekolah Dasar Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland. SMA Brin dilanjutkan di Eleanor Roosevelt High School, sebelum akhirnya diteruskan ke Universitas of Maryland, College Park jurusan Ilmu Komputer dan Matematika. Pada tahun 1993, Brin berhasil menyabet gelar Bachelor of Science. Tak puas dengan gelar pendidikannya tersebut, Brin pun melanjutkan pendidikannya ke Stanford University jurusan Ilmu Komputer melalui beasiswa yang diberikan dari National Science Foundation. Tahun 1995, Brint berhasil menyabet gelar masternya dalam ilmu komputer. Selain menyandang gelar master ilmu komputer, Brin diketahui juga memiliki gelar lain dari IE Business School, yaitu gelar MBA.

Tahun 2007, tepatnya bulan Mei, Brin melepas masa lajangnya dengan menikahi seorang wanita bernama Anne Wojcicki di Kepulauan Bahama. Kekasihnya adalah seorang analis bioteknologi lulusan Yale University. Sama seperti Brin yang dikenal dunia dengan menciptakan search engine top, kekasihnya adalah seorang pendiri 23andMe.

Sergey Brin adalah salah satu pendiri Google, rekan yang turut mendirikan Google bersamanya adalah Larry Page. Mereka berdua dipertemukan pada tahun 1995 di pascasarjana ilmu komputer. Awalnya mereka tidak saling menyukai satu sama lain, namun akhirnya mereka menulis sebuah karya tulis berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertexttual Web Search Engine” yang dipercaya sebagai cikal bakal Google setelah mereka menemukan bahwa mereka berdua punya ketertarikan sama, yaitu mencari dan menemukan informasi yang relevan dari sekumpulan data besar.