Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani

Bos dan pemimpin dua kata yang berbeda dan dengan makna yang berbeda juga. Bos terkesan dengan orang yang suka memberi perintah saja sedangkan pemimpin terkesan memberi perintah dan juga mengerti keadaan teamnya sehingga ikut memberi arahan dan solusi kepada teamnya untuk menyelesaikan tugasnya.

Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani

Menjadi pemimpin yang baik tidak selalu disegani, tapi seorang pemimpin yang disegani sudah pasti pemimpin yang baik. 

1. Memiliki Motivasi Tinggi
Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani yang pertama adalah memiliki motivasi yang tinggi. Motivasi seorang pemimpin dalam mengerjakan tugasnya akan menular ke pada teamnya.  Karena ketika teamnya melihat kinerja pemimpinnya dengan penuh antusias dan semangat, mereka akan terpengaruh mengikutinya. Dan terlihat bisa menikmati setiap pekerjaan yang ada, baik mudah dan penuh tantangan.

2. Mengikuti Aturan Perusahaan
Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani yang kedua adalah mengikuti peraturan perusahaan yang ada. Setiap perusahaan pasti memiliki aturan yang harus diikuti oleh karyawan. Dengan mengikuti aturan seperti team kita, mereka akan segan kepada kita. Karena kita tidak menyalah gunakan jabatan kita sebagai pemimpin. Dan dengan mengikuti aturan perusahaan kita juga menjadi contoh teladan untuk team kita.

3. Memiliki penilaian yang Objektif
Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani yang ketiga adalah melihat anggota team kita secara objektif, bukan secara subjektif. Objektif berarti melihat team kita dari kinerjanya bukan karena masalah pribadi. Berikan apresiasi kepada karyawan yang memang memiliki performance yang bagus.

4. Manage waktu dengan baik
Seorang pemimpin harus bisa menggunakan waktu dengan baik. Harus bisa mangement waktu terutama waktu dalam bekerja. Gunakan waktu kerja semaksimal mungkin, dan  tidak membahas pekerjaan di waktu istirahat. Dengan memberikan ruang kepada teamnya di jam istirahat untuk mengisi daya agar siap bekerja kembali, team kita akan sangat menghargai dan segan kepada kita. Karena kita sebagai pemimpin tahu hak-hak team kita.

5 .Harus  Tegas
Tegas itu bukan galak dan suka marah-marah ketika ada teamnya yang salah. Menjadi pemimpin yang baik dan disegani itu harus tegas. Tegas menegakkan aturan perusahaan yang telah disepakati. Harus berani memberikan sanksi kepada teamnya yang memang melanggar peraturan perusahaan. Dan memberika reward kepada teamnya yang memang pantar menerimanya.