Seklas Tentang Laravel 9, Versi Selanjutnya Laravel

sumber: laravel-news.com

Rasanya sudah tidak sabar bagi pengguna framework Laravel untuk mencicipi versi terbaru dari Laravel yang akan dirilis pada awal tahun 2022 mendatang, yaitu Laravel 9. Tentu saja menjadi tanda tanya mengapa setahun ini belum ada upgrade terbaru dari Laravel setelah sebelumnya Laravel mengeluarkan versi 8 pada tahun 2020. Yea, tahun 2021 ini Laravel abstain dari mengeluarkan rilis terbaru padahal framework php satu ini dikenal rajin mengeluarkan update mayornya setiap tahun sejak 2011. Jika mengikuti aturan penjadwalan rilis maka seharusnya Laravel 9 sudah rilis pada September 2021 ini. Rupanya ada beberapa hal teknis sehingga Laravel menunda perilisan versi terbarunya.

Laravel menggunakan berbagai paket berbasis komunitas dan ada sembilan komponen Symfony yang dipakai untuk beberapa fitur dalam framework Laravel. Laravel berencana menanamkan Symfony 6.0 yang akan hadir pada November 2021 ke dalam Laravel 9. Hal inilah yang kemudian membuat Laravel memutuskan menunda rilisnya hingga Januari 2022.

Perubahan jadwal di luar pakem membuat jadwal versi-versi Laravel mayor berikutnya ikut berubah.

Berikut jadwal rilis Laravel:

  • Laravel 9: January 2022
  • Laravel 10: January 2023
  • Laravel 11: January 2024

Lalu apa saja bocoran fitur dan perubahan baru di Laravel 9?

Laravel 9 akan mensyaratkan versi PHP 8 sebagai syarat minimum

Hal ini sebagai imbas dari penggunaan Symfony 6.0 yang mempunyai persyaratan minimum PHP 8.

Anonymous Stub Migrations

Menyusul adanya fitur baru bernama Migrasi Anonim pada versi Laravel saat ini maka di Laravel 9 fitur ini akan menjadi default saat menjalankan perintah php artisan make:migration.

Antarmuka Pembuat Kueri Baru

Laravel 9 akan menampilkan Query Builder Interface baru yang dibuat oleh Chris Morrel.

Fungsi String PHP 8

Karena PHP 8 akan menjadi minimum, Tom Schlick mengirimkan PR untuk pindah menggunakan fungsi str_contains(), str_starts_with() dan str_ends_with() secara internal di kelas \Illuminate\Support\Str.

Dari SwiftMailer pindah ke Symfony Mailer

Laravel 9 akan menggunakan Symfony Mailer untuk menggantikan SwiftMailer. Bagi anda yang menggunakan SwiftMailer dan akan mengupragde ke Laravel 9 tentu hal ini memerlukan langkah-langkah teknis lanjutan.

Demikiran beberapa bocoran fitur dan perubahan baru di Laravel 9 yang diumumkan Laravel sejauh ini dan masih akan ada bocoran lainnya sampai dirilisnya Laravel 9 di awal tahun depan.