HAPzCHQZiEK4l9hTPastXXr1Bnho6RcJrjSfPSfs
Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Jasa Kursus Mengemudi Mobil

Iklan 728x90

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Jasa Kursus Mengemudi Mobil


Mengemudi mobil memang tidak semudah mengendarai sepeda motor. Akan tetapi mengemudikan mobil adalah salah satu keterampilan yang sangat penting di zaman sekarang. Dimana mobilisasi manusia dan barang saat ini sangat tinggi. Sehingga ketrampilan tersebut banyak dibutuhkan. Kita tidak perlu khawatir  jika saat ini kita belum memiliki sebuah mobil pribadi, karena kita tetap bisa memiliki ketrampilan mengemudi mobil sebelum memilikinya dengan adanya  jasa kursus mengemudi mobil.

Jasa Kursus Mengemudi Mobil

Saking banyaknya penyedia jasa kursus mengemudi mobil. kita sering mengalami kebingungan dalam memilih tempat kursus yang berada di sekitar lingkungan kita. Hanya dengan menuliskan tempat kursus mengemudi mobil di google, google akan menampilkan peta tempat kursus tersebut dari jarak yang paling dekat serta review dari pengguna internet.  Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita akan memilih penyedia jasa kursus mengemudi mobil selain dari jarak terdekat dengan tempat kita maupun dari review-review yang tertera.

1.       Memastikan Memiliki Surat Izin

Sebelum kita memutuskan untuk mendaftar kurus mengemudi mobil, sebaiknya kita pastikan penyedia jasa atau Lembaga tersebut  memiliki surat izin menyelenggarakan kursus dari lembaga yang berwenang. Hal ini sangat penting karena terkait legalitas dan pertanggungjawaban, serta pasti akan memiliki standarisasi keamanan, pelatih atau instruktur sampai dengan fasilitasnya yang sudah sesuai dengan peraturan perung-undangan. Selain surat izin, juga ada kepemilikan akreditasi dari LA-LPK (Lembaga Akreditasi - Lembaga Pelatihan Kerja) dari Kementerian Tenaga Kerja. Lembaga Kursus yang telah terakreditasi, sudah dipastikan adalah Lembaga Kursus yang dapat dipercaya dan bermutu tinggi.

Instruktur atau pelatih yang memiliki sertifikasi kompetensinya oleh BNSP, juga merupakan salah satu pertimbangan dalam memilih tempat kursus, karena itu sebagai bukti bahwa Instruktur memiliki kemampuan dalam metodologi pelatihan, bukan sekedar bisa nyetir saja

2.       Memastikan Total Biaya Kursus

Jangan mudah tergiur dengan biaya kursus yang tercantum di brosur atau iklan-iklan. Kita harus pastikan total biaya kursus. Apakah akan ada biaya yang perlu dibayar lagi ketika proses kursus berjalan. Misalnya tips instruktur, bensin, dan lain sebagainya. Diharapkan informasi tentang biaya sebaiknya benar-benar jelas dan detail diawal sebelum kita melakukan pendaftaran. Jangan sampai di tengah-tengah kursus ada informasi biaya tambahan yang harus kita bayarkan. Untuk tips pelatih atau tips instruktur sebaiknya itu suka rela, tidak mematok harga yang harus dibayarkan.

3.       Memastikan Durasi Kursus setiap Sesi

Selain tidak boleh mudah tergiur dengan biaya kursus yang murah, kita juga tidak boleh tergiur dengan berapa banyak sesi yang ditawarkan. Misalnya ada selebaran promo dengan menawarkan harga murah dan banyak sesi. Kita harus pastikan berapa lama durasi sesi yang ditawarkan tersebut. Menawarkan 12 kali sesi ternyata satu sesi durasi kursusnya adalah 20 menit.
Jadi sebaiknya kita lebih memlih yang hitungannya berdasarkan jam pelatihan bukan banyaknya sesi. Banyak sesi tapi durasinya sebentar malah akan membuat sesi belajar tidak maksimal dan membuang atau memakan waktu banyak di perjalanan pulang pergi ke dan dari tempat kursus. Meski ada tempat kursus yang menawarkan antar atau jemput siswa secara gratis.

4.       Memastikan  Pelatihannya Berbasis Kompetensi

Tidak hanya kemampuan mengemudikan mobil saja yang harus kita kuasai, akan tetapi kita juga harus mengetahui pengetahuan tentang bagaimana meminimalkan risiko mengemudi dan tentang UU lalu lintas yang berlaku di Indonesia. Jadi pastikan bahwa penyedia jasa kursus mengemudi mobil tersebut memiliki sistem pelatihan berbasis kompetensi. Tidak hanya materi sisipan ketika sesi praktik akan tetapi menyediakan sesi di kelas untuk teori mengemudi. Karena ketika kita akan membuat SIM, pengetahuan-pengetahuan tersebut juga sangat diperlukan.
Selain itu penyumbang terbesar dalam penyebab kecelakaan lalu lintas adalah kesalahan pengemudi. Dimana pengemudi masih banyak yang tidak memiliki Karakter yang baik & benar dalam mengemudikan kendaraannya di jalan raya.

5.       Memastikan Kenyamanan dan Keramahan

Siapa yang tidak betah dan senang jika pelatih atau instruktur ramah, sopan dan menyenangkan. Kitapun belajar mengemudi mobil akan terasa mudah dan menyenangkan. Kita dapat mengetahui, tempat kursus tersebut menyenangkan, dan memprioritaskan kepuasan pelangaan pada saat kita mulai memasuki ruangan penerimaan siswa, lihat apakah mereka memastikan kenyamanan kita, serta lihat juga pelayanan staff penerimaan siswa, bagaimana keramahan dan kesopanan staff tersebut serta apakah kita mendapatkan seluruh informasi yang kita butuhkan dengan penjelasan yang detail dan terstruktur.

Demikianlah beberapa tips atau hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipastikan sebelum kita memilih memutuskan dimana kita akan kursus mengemudi mobil. Yang jelas semua informasi harus kita dapatkan sedetail mungkin. Karena jika kita salah memilih tempat kursus, hal ini akan dapat menjadi kerugian yang fatal bagi kita. Mulai dari kerugian yang terkecil adalah kerugian finansial dan rugi waktu sampai kerugian terbesar adalah mendapatkan konsekuensi hukum atau bahkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Sehingga kita harus memastikan dengan benar.

Semoga tips di atas bisa membantu anda untuk memilih tempat kursus atau penyedia jasa pengemudi mobil. Dan semoga anda bisa segera memiliki kemampuan atau ketrampilan mengemudi mobil yang nantinya dimanfaatkan dengan baik, baik di dunia kerja maupun bermanfaat untuk keluarga dan lainnya seperti mengemudi mobil sendiri ke berbagai destinasi wisata di seluruh negara Indonesia

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment