HAPzCHQZiEK4l9hTPastXXr1Bnho6RcJrjSfPSfs
Langkah-langkah Cara Menggunakan CDN Cloudflare di Custom Domain Blogspot

Iklan 728x90

Langkah-langkah Cara Menggunakan CDN Cloudflare di Custom Domain Blogspot


Hi, Sobat Cafeterians, pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan tutorial bagaimana menggunakan CDN Cloudflare pada blogspot kita yang telah menggunakan custom domain agar lebih aman dan cepat saat mengaksesnya. Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu Cloudflare, kalian bisa baca di sini.

1. Daftar akun Cloudflare

Pertama-tama pastinya kita harus memiliki akun Cloudflare terlebih dahulu. Bagaimana cara mendaftarnya? Teman-teman cukup memasukkan email dan password yang akan kalian gunakan untuk akun Cloudflare pada link berikut cloudflare/signup. Kalian bisa hilangkan ceklis jika tidak ingin berlangganan kiriman email dari Cloudflare. Setelah itu Tekan tombol "Create Account".

Form daftar akun Cloudflare
Form Mendaftar Akun Cloudflare

2. Tambahkan Situs

Setelah itu masukkan url lengkap domain kalian pada kota isian yang disediakan. Klik "Add site" untuk meneruskan langkah berikutnya.

Masukkan nama domain kita


Akan muncul halaman yang menyatakan bahwa Cloudflare akan mengirimkan permintaan untuk mendapatkan informasi DNS Record sehingga otomatis akan mengimportnya tanpa perlu kita isi secara manual. Klik "Next" untuk memilih jenis plan layanan Cloudflare.

Permintaan DNS Records

3. Pilih Plan Layanan

Pada langkah ini, kita disuruh memilih jenis plan yang ingin kita gunakan. Pilih saja yang gratisan jika teman-teman tidak ingin membayar. Layanan gratis Cloudflare pun sudah lumayan karena mendapatkan layanan Global CDN, pencegahan serangan DDoS untuk keamanan, dan mendapatkan sertifikat SSL gratis.

Pilih Plan


Setelah mengklik "Free", klik "Confirm plan" untuk konfirmasi. Akan muncul kotak dialog yang berisikan plan yang kita pilih, yaitu "1 Free Website". Tutup kotak dialog dengan klik "Confirm".

Confirm Plan

Berikutnya, teman-teman akan melihat halaman yang berisi hasil permintaan DNS record. Kita tidak perlu menambahkan apapun pada halaman ini, tinggal teruskan saja dengan mengklik "Continue".

Hasil permintaan DNS Records

Berikutnya teman-teman akan disuruh untuk mengganti Namserver pada layanan domain kita dengan Nameserver milik Cloudflare. Biasanya Cloudflare hanya menggunakan 2 Nameserver saja yang urutannya berbeda-beda bergantung pada penyedia layanan domainnya. Klik "Continue" untuk melanjutkan langkah terakhir.

Ubah Nameserver

4. Ubah Nameserver 

Pada langkah ini, teman-teman akan mendapatkan petunjuk atau informasi bagaimana harus mengubah Nameserver domain kita.

Pertama, login ke dalam akun pada layanan domain yang kalian gunakan. Misal, untuk pemakai layanan Domainesia, login di https://my.domainesia.com/signin/

Kedua, kita disuruh menghapus seluruh Nameserver yang ada dan menggantinya dengan Nameserver yang diberikan oleh Cloudflare. Ikuti saja sesuai petunjuk yang telah diberikan.

5. Aktifkan Cloudflare

Setelah teman-teman mengubah Nameserver pada layanan Domain. Kembali ke Cloudflare, klik tombol "Re-check now" untuk mengecek setting Nameserver. Selain itu, teman-teman juga bisa mengaktifkan "Under Attack Mode" di bilah menu sebelah kanan untuk pencegahan serangan DDoS.

Mengaktifkan mode Under Attack

Selama kita menghidupkan "Under Attack Mode", setiap kali situs kita diakses dari IP dan browser yang baru pertama kali mengaksesnya maka akan akan muncul halaman putih dan berisikan keterangan bahwa sedang dilakukan proses pengecekan. Namun, jika kita mengaksesnya kembali dengan browser kita maka tidak akan muncul proses pengecekan tersebut karena sudah tersimpan dalam cache. Hal serupa jika kita membagikan link situs kita di Facebook, untuk kali pertama tidak akan tampil dengan baik, diperlukan waktu sehingga situs kita bisa tampil dengan benar. Jika teman-teman merasa urgent, kalian bisa mematikan "Under Attack Mode" terlebih dahulu, kemudian share link situs, setelah itu aktifkan kembali. Maka seterusnya saat kalian membagikan situs di Facebook tidak akan menemui masalah.

Mengecek sebelum akses diberikan

 Jika teman-teman sudah melalui langkah demi langkah di atas, kalian akan melihat pesan berikut yang menandakan bahwa kalian telah berhasil menggunakan CDN Cloudflare.


Kalian juga bisa mengecek di situs: checkforcloudflare.selesti.com untuk mengecek apakah situs kalian menggunakan Cloudflare atau tidak.

Cek menggunakan Cloudflare

Demikian, langkah demi langkah mulai dari mendaftar, memasang Nameserver, hingga berhasil menggunakan CDN Cloudflare untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan situs kalian khususnya pengguna blogspot yang telah menggunakan custom domain. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment