Cara Menambahkan Preferensi Bahasa Indonesia di Microsoft Word 2016

Secara default, Microsoft Word umumnya menggunakan preferensi bahasa Inggris sehingga pemeriksaan ejaan dan tata bahasa yang digunakan mengacu pada bahasa Inggris. Agar kita tidak direpotkan dengan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa jika kita lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia dalam penulisan dokumen, ada baiknya jika kita menambahkan preferensi bahasa Indonesia ke Microsoft Word. Bagaimana caranya?



Pertama-tama unduh terlebih dahulu preferensi bahasa Indonesia untuk Microsoft Word (klik: link unduh). Jika Office yang anda gunakan 64 bit, ceklis pada pilihan proofingtools2016_id-id.exe kemudian klik Next.

Setelah terunduh, klik ganda pada file exe agar langsung dilakukan proses penginstalan. Penginstalan tidak terlalu sulit, dan cukup singkat.

Kedua, buka program Microsoft Word 2016 anda. Tuju File > Options, pilih tab Language. Klik pada inputan dropdown menu [Add additional editing languages] pilih Indonesia, kemudian klik tombol Add.

Lihat pada bagian table yang memuat bahasa, pada kolom Editing Language akan muncul Indonesian. Klik tombol 'Set as Default' di samping kanan table. Lalu klik OK untuk mengakhiri. Program Microsoft Word akan meminta untuk membuka ulang. Tutuplah program.

Kemudian klik 'Cortana' (logo lingkaran putih yang berada disamping kanan logo Windows), ketik "Language" maka akan muncul pilihan teratas 'Language settings', anda klik untuk masuk ke jendela Settings. Kita akan mengatur bahasa tampilan Windows.

Klik 'Add a language' dengan logo kotak putih dengan tanda plus, ketik Indonesia, maka akan muncul pilihan Bahasa Indonesia, klik pada pilihan tersebut. Klik Next kemudian klik Install.

Pada kanan Taskbar samping kiri jam akan terlihat tulisan ENG, klik maka akan muncul pilihan bahasa, pilih IND untuk menggunakan bahasa Indonesia. Cara cepat untuk mengganti bahasa antara ENG dengan IND dan sebaliknya, tekan saja tombol logo Windows pada keyboard dengan tombol spasi.

Sekarang anda bisa dapat mengganti bahasa Indonesia atau Inggris pada Microsoft Word 2016 anda cukup dengan tekan kombinasi tombol tersebut atau melalui Taskbar.

Semoga bermanfaat.