HAPzCHQZiEK4l9hTPastXXr1Bnho6RcJrjSfPSfs
Tanda Orang Tua Terlalu Keras Pada Anak

Iklan 728x90

Tanda Orang Tua Terlalu Keras Pada Anak

Parenting

Mendidik anak itu gampang-gampang susah dan harus ekstra sabar. Harus sering-sering mengingat bahwa dia yang selama ini kita tunggu-tunggu kehadirannya. Sifat tiap-tiap anak pun berbeda-beda. Ada yang aktif, ada yang penurut dan ada yang pembangkang. Selain sabar kita harus ekstra sabar dalam menghadapi tingkah mereka.Apalagi anak kecil yang memoringnya masih mudah sekali menyimpan perkataan dan sikap-sikap kita kepadanya dan akan mempengaruhi sikap dan mental mereka.

Ini adalah beberapa tanda bahwa kita sudah terlalu keras pada anak
1. Kita Sering Memarahi dan Bertengkar dengannya
Kita sering mendapati anak kita susah untuk dinasehati atau membangkang. Sabar ya.. jangan sampai hal tersebut membuat kita marah-marah. Karena sikap Tegas itu berbeda dengan marah atau keras. Kita bisa menyikapinya dengan perkataan yang tetap lembut tapi bermakna tegas. Mulailah dengan membuat beberapa aturan yang membuatnya disiplin.

2. Kita Tidak Pernah Mengatakan Hal Positif
Mungkin karena saking hiperaktifnya si kecil dan fisik kita yang terlalu lelah dengan pekerjaan rumah sehingga kita lupa untuk mengatakan hal-hal positif kepadanya, bahkan ketika mereka sedang bersikap baik. Ingat, bahwa otak anak kecil sangat mudah menyimpan apa yang didengar dan dilihat. Maka sering-seringlah berkata positif dengan mereka. Sebisa mungkin tahanlah kata-kata negatif yang keluar dari mulut kita ketika mereka sedang rewel-rewelnya.

3. Kita Sering Mencereweti Mereka
Seperti yang disampaikan pada poin sebelumnya, selain lupa akan kata-kata positif, disaat kita kelelahan dengan pekerjaan rumah atau bagi wanita karir yang sudah lelah di kantor, kemungkinan tersulut api amarah akan lebih mudah ketika anak bersikap rewel. Bisa saja sikap tersebut itu merupakan tanda bahwa mereka ingin kita perhatikan. Diam dan dengarkanlah mereka itu lebih baik. Bertanyalah sebenarnya apa yang inginnkan. Jangan sedikit-sedikit mencreweti mereka dengan kata-kata negatif bahkan umpatan.

4. Kita Jarang Memberikan Hadiah
Memberikan hadian terlalu sering juga tidak terlalu baik untuk mereka. Tapi memberikan hadiah atau sanjungan kepada mereka itu juga sangat diperlukan. Karena akan memberikan efek postif untuk hubungan kita dan mereka. Bahkan mereka akan termotivasi untuk melakukan hal-hal positif termasuk tidak rewel lagi. Jangan sampai kita memberikan hukuman ketika mereka bandel, tapi lupa memberikan hadiah ketika mereka bersikap baik.

5. Kita Tidak pernah memeluknya
Kontak fisik kepada mereka bisa menghangatkan hubungan kalian. Mereka akan merasa disayang dan dihargai serta akan merasa lebih nyaman untuk mengutarakan apa yang mereka rasakan.

Yap, kita harus ekstra sabar dalam menghadapi si kecil yang sedang aktif-aktifnya bermain, rasa ingin tahunya yang masih besar. Itu memang wajar, tinggal bagaimana kita menghadapi mereka. Sabar dan terus memberi pengertian dengan lembut dan tegas. Jangan sampai hubungan orang tua dan anak pada masa mendatang menjadi dingin tidak harmonis. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

referensi : youngparents

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates