Cara Membayar Pajak Motor Secara Online

Cara Membayar Pajak Motor Secara Online

Sebentar lagi jadwal bayar pajak motor, tapi setiap hari Senin sampai dengan Jum'at kita bekerja dan tidak sempat antri di samsat. Tenang, sekarang sudah ada fasilitas bayar pajak motor secara online. Namun, baru beberapa provinsi yang melayani pajak motor online dan tidak berlaku untuk antar provinsi
  • Nangroe Aceh Darusalam : http://esamsataceh.com
  • DKI Jakarta : http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  • Jawa Barat  : http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  • Jawa Tengah : http://dppad.jatengprov.go.id/
  • Jawa Timur : http://www.esamsat.jatimprov.go.id/


Setelah buka situs e-samsat, kemudian isi data kendaran
  • Kota : Pilih kota kendaraan kamu, jika plat motor anda Kediri, maka pilih Kediri.
  • Samsat : Setiap kota biasanya memiliki beberapa kantor samsat, pilih di samsat mana kendaraan anda dulu diurus.
  • Nopol : Masukkan nopol kendaraan kamu (Nomor Plat Motor).
  • Kode : Tulis ulang kode captcha yang ada di kotak.
  • Terakhir kemudian sobat hanya tinggal klik “Cari”.


Pada tahapan cara bayar pajak motor online ini, perhatikan dan cermatlah dalam mengisi data. Apabila data yang dimasukkan benar maka sobat akan masuk halaman baru berupa data kendaraan yang sobat miliki, jumlah pajak yang harus dibayar dan denda misalkan pembayaran tersebut sudah melewati jatuh tempo pembayaran. Cek kembali data yang telah diisi. Nah, jika seluruh data sudah dirasa benar dan sesuai maka sobat akan menemukan kalimat, “Apakah Anda ingin melakukan pembayaran?”. Klik kalimat tersebut.

Pilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak Motor Online
Nah, sebelum sobat jauh membayar melalui  internet banking atau ATM, pada cara bayar pajak motor online tahapan ini sobat nantinya harus mengisi form kembali. Perlu diketahui bahwa form ini nantinya akan digunakan sebagai bukti untuk pengambilan nota pajak yang diserahkan ke Samsat kota di mana sobat tinggal. Berikut di bawah ini beberapa data yang harus sobat masukkan:

  • Kota : Masukkan kota di mana anda ingin mengambil nota pajak. Dalam kasus saya, karena saya sekarang tinggal di Surabaya, jadi saya masukkan kota Surabaya
  • Samsat : Pilih samsat terdekat dengan tempat tinggal anda
  • Bank : Pilih bank apa yang hendak kita gunakan untuk melakukan pembayaran
  • Layanan : Jika sobat menggunakan layanan internet banking, maka pilih internet banking
  • Kode Bayar : Untuk mendapatkan kode bayar, anda hanya perlu mengklik Pengajuan “Kode Bayar” yang terletak di sebelahnya. Apabila kode bayar sudah muncul, klik print.

Apabila sudah selesai nantinya kawan-kawan akan melihat kode bayar, jumlah uang yang wajib dibayarkan, dan alamat Samsat di mana nantinya sebagai tempat untuk mengambil nota pajaknya.

Lakukan Proses Pembayaran Pajak Motor Online
Menginjak pada tahapan selanjutnya, sobat tinggal membayar besaran pajak melalui internet banking atau ATM maupun M Banking. Nah, menginjak pada tahapan dari cara bayar pajak motor online ini cukup mudah:

Pertama, buka menu Bayar > Multi Payment > Pilih Samsat yang sesuai dengan tempat tinggal sobat.
Selain itu, selalu ingat untuk memasukkan kode pembayaran di kolom bawah yang sudah sobat dapatkan dari pendaftaran web e-Samsat sebelumnya.

Kemudian klik ‘Lanjutkan” guna melakukan proses pembayaran. Sampai pada langkah ini nantinya akan ada bukti yang menunjukkan bahwa sobat telah melakukan proses pembayaran menggunakan internet banking.

Print out bukti pembayaran tersebut yang nantinya sebagai bukti sah untuk ditukar dengan nota pajak kendaraan anda yang baru.

Perlu diketahui bahwa batas waktu penukaran nota pajak ini hanya sampai 7 hari sejak print out bukti pembayaran. Maka, dalam cara bayar pajak motor online ini Mas Sena sangat menyarankan setelah print out maka hari itu juga sebaiknya sesegera mungkin ke kantor Samsat untuk mengambil nota pajaknya.


Pengambilan Nota Pajak di Samsat
Menginjak langkah terakhir dari panduan cara bayar pajak motor online, kawan-kawan harus mengambil nota pajak di Samsat yang sudah Anda daftarkan di awal proses pembayaran sebelumnya. Perlu diingat bahwa pada tahapan ini, sobat harus membawa bukti pembayaran, KTP dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket pembayaran. Sampai di sini, panduan cara membayar pajak motor online sudah selesai. Cukup mudah bukan? Tanpa calo pun, kawan-kawan bisa membayar pajak motor online secara mandiri tanpa mengantri lama.

cara bayar pajak motor online di atas harus sobat lakukan secara urut mengingat kelima langkah-langkah tersebut merupakan prosedur dalam proses pembayaran pajak motor via online. Namun, dari semua tahapan di atas, yang perlu diperhatikan yaitu pada langkah dimana sobat harus mengisi form data dan proses pembayarannya. Lakukan dengan cermat dan hati-hati agar proses pembayaran kendaraan motor online ini bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Sumber : ntmcpolri