Bagaimana Cara Praktis Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja keras. Karenanya dear,. usahakan selalu membuat jantung lebih sehat. Jika kita tidak menjaga jantung dengan pola hidup yang tidak baik, maka masa tua kita akan merasakan kesusahan dengan kinerja jantung yang sudah tidak baik bahkan berpeluang terkena penyakit jantung.

Lalu bagaimana cara merawat atau menjaga kesehatan jantung?

1. Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mengkonsumi Banyak Serat

Mengkonsumsi lebih banyak serat dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Dalam mengkonsumsi makanan berserat secara rutin juga harus dilakukan secara bertahap. Tidak baik jika langsung mengkonsumsi serat secara berlebihan karena bisa menyebabkan kram perut. Selain serat dan nutrisi lainnya sebaiknya juga mengkonsumsi cairan yang cukup untuk membantu proses pencernaan.

2. Cara Menjaga Kesehatan jantung dengan Mengkonsumsi Ikan

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa membantu mencegah penyakit jantung lho... Ikan mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan sarden, tuna atau salmon. Kebutuhan lemak omega-3 akan tercukupi dengan mengkonsumsi ikan secara teratur dua kali seminggu.

3. Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Tidak merokok

Hayo siapa yang masih merokok?? dengan tidak merokok adalah cara untuk menghindari datangnya penyakit jantung. Karena merokok merupakan salah satu penyebab datangnya penyakit jantung koroner. Jika kita tidak merokok, maka resiko terkena penyakit jantung turun menjadi setengah dari resiko pada perokok aktif.

4. Cara menjaga Kesehatan Jantung dengan Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah sangat berpengaruh dengan kesehatan jantung. Karena darah tinggi merusak dinding arteri dan menimbulkan jaringan parut. Jika ini terjadi, darah dan oksigen akan lebih sulit mengalir menuju hati sehingga jantung harus bekerja lebih keras agar organ tubuh tidak kekurangan oksigen. Lalu bagaimana cara menjaga tekanan darah?? caranya dengan berolah raga secara teratur, mengurangi asupan garam, mengelola stress, tidak minum minuman berakohol dan lainnya.

5. Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Menghindari Diabetes

Selain tekanan darah, diabetes juga berpegaruh terhadap kesehatan jantung Karena jika kadar gula darah tinggi menyebabkan kerusakan pada arteri. Ubahlah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Ayo hidup sehat!!